Makna Berkurban

Berkurban adalah merupakan salah satu perintah Allah bagi hambanya yang mampu, berkurban merupakan perintah Allah yang sejak jaman Nabi Adam yaitu menyuruh anak-anak Nabi Adam yaitu Qabil dan Habil untuk mengurbankan sebagian dari ternak dan hasil ladang mereka, dan juga  kepada Nabi Ibrahim untuk mengurbankan anaknya yaitu Nabi Ismail, kita semua tahu Nabi Ismail adalah anak yang sangat dinantikan dan dicintai  oleh Nabi Ibrahim namun karena ketaatan nya kepada Allah maka Nabi Ibrahim lebih mentaati perintah Rabb nya meskipun harus mengorbankan hal yang sangat dicintainya yaitu anaknya sendiri.

Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): “Aku pasti membunuhmu!”. Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa”.

Begitu pula perintah Allah kepada kita terkait masalah kurban bukan seberapa berat daging kurban yang kita sembelih bukan juga darah yang mengalir dari hewan kurban yang kita sembelih yang Allah nilai dari kurban kita, akan tetapi nilai ketaatan dan keikhlasan kita kepada Allah yang dinilai seberapa ikhlas dan taatnya kita, hanya kita dan Allah saja yang tahu ketaatan dan keikhlasan kitalah yang kelak akan menjadi catatan amal kita kelak di yaumil akhir.

Ketaatan kita kepada Allah bersumber dari keimanan yang ada dalam hati kita, karena keimananlah yang menjadi sumber segala acuan tingkah laku kita sehingga tercermin pribadi yang senantiasa menjaga setiap tingkah laku dan langkah dalam hidupnya yang berpedoman pada Al-Quran dan Sunnah, semoga dengan berkurban kita lebih bisa memaknai arti dari kurban itu sendiri sehingga kita bisa semakin taat kepada Allah dan kita pun semakin dekat dengan Nya sehingga kita bisa merasakan nikmat yang paling besar dalam hidup kita yaitu nikmat hidup dalam keimanan dan ketaatan kepada Allah.

1 Komentar

Filed under Oase Iman

One response to “Makna Berkurban

  1. Harta benda adal;ah sesuatu yang sangat disenangi manusia . bahkan saya berani berkata susah mencari orang yang benar – benar tidak mencintai harta dunia ini.hanya orang – orang yang beriman dan juhud terhadap[ harta dunia yang tidak senang dengan harta.

    Agar manusia tidak terlalu mencintai harta , dan suka berbagi harta dengan sesama manusia yang tidak seberunytung dia dalam hal rejeki. .Mengingat hal ini disuruh kepada orang – orang Islam untuk berqurban berupa seekor sapi , kambing untuk mereka yang tidak mampu dan sangat menyenangkan sekali waktunya adalah di hari raya . Ini menambah suasana hari raya makin meriah dan menyenangkan karena adanya daging qurban..ini hanya sedikit tambahan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s